Rabu, 11 Maret 2020

Tanah Lot Bali – Hal Yang Harus Diketahui Jika Liburan Ke Objek Wisata Pura Tanah Lot

Bali memiliki daya Tarik wisata yang sangat berlimpah, seperti contohnya Danau Batur, Uluwatu, Nusa Penida, Bedugul, Pantai Kuta, Pantai Pandawa.
Jika sekarang anda sedang membaca saya yakin anda saat ini sedang merencanakan berlibur ke Tanah Lot Bali. Pada halaman ini, saya akan menuliskan semua hal yang perlu anda ketahui sebelum liburan ke objek wisata Tanah Lot Tabanan Bali.

Keunikan Objek Wisata Tanah Lot Bali

Keunikan objek wisata Tanah Lot terdapat pada lokasi dua pura yang berada diatas tebing batu karang hitam yang berada dipesisir pantai. Kedua pura menghadap ke lautan lepas samudra Hindia.
Satu pura dibangun diatas batu karang hitam dengan ukuran sangat besar dan berada ditepi pantai sebelah kiri. Pura ini lebih dikenal dengan nama pura Tanah Lot. Pada saat pasang, air laut akan menutup area pantai dan membuat lokasi pura Tanah Lot terlihat berada ditengah lautan. Momen air laut pasang ini juga terlihat seperti sebuah kapal yang terbuat dari batu besar berwarna hitam terapung dipermukaan air laut.
Sedangkan pura yang kedua berada dipinggir tebing karang, yang juga berada di tengah laut disisi kanan kawasan pantai Tanah Lot. Di bawah tebing karang pada lokasi pura kedua terdapat lubang besar, yang selalu dilewati oleh gelombang ombak besar.

Keindahan Pemandangan Sunset Tanah Lot
Keindahan tempat wisata pura Tanah Lot terdapat pada perpaduan keindahan alam yang berpadu dengan keindaahan budaya. Di saat anda liburan ke Tanah Lot di pulau Bali, anda akan melihat deruan ombak menerjang tebing batu karang. Menjelang matahari terbenam, sedikit-demi sedikit warna langit berubah dramatis dipenuhi beranekaragam warna.
Saat matahari sudah tidak terlihat lagi di cakrawala, adalah waktu pemandangan sunset terindah di Tanah Lot. Karena selain pengunjung dapat melihat sunset, pengunjung juga akan melihat siluet pura Tanah Lot. Keindahan moment saat matahari terbenam di Tanah Lot inilah yang selalu menarik minat kunjungan wisatawan berlibur ke Tanah Lot Bali.

Sejarah Singkat Pura Tanah Lot Tabanan
Sejarah Pura Tanah Lot Tabanan di kabupaten Tabanan diperkirakan dibangun pada abad ke-16 oleh seorang pendeta dari Kerajaan Majapahit bernama Dang Hyang Nirartha. Konon, pada saat Dang Hyang Nirartha mengunjungi pantai di bagian selatan pulau Bali, ia melihat sebuah batu karang besar yang berada di bibir pantai di desa Beraban, kabupaten Tabanan.
Kemudian Dang Hyang Nirartha mendapatkan wahyu bahwa diatas batu karang adalah tempat suci yang dapat digunakan sebagai lokasi pura. Tujuan dari pembangunan pura Tanah Lot adalah untuk memuja Dewa Baruna (Dewa Laut).
Arti Nama Tanah Lot
Mungkin banyak dari anda yang penasaran, apa arti nama Tanah Lot dalam bahasa Indonesia.
Tanah di artikan dataran/tanah, Lot artinya laut, jadi Tanah Lot berarti dataran yang berada ditengah laut. Sebuah bangunan pura Hindu berdiri di atas batu karang besar pada bibir pantai. Sesuai dengan nama tempatnya, pura tersebut diberi nama pura Tanah Lot.

 

Pura Tanah Lot Bali

 

Waktu Upacara Di Pura Tanah Lot Bali (Piodalan)

Setiap pura di Bali dihari tertentu akan diadakan upacara besar, tidak terkecuali di pura Tanah Lot Beraban. Upacara keagamaan di Pura Tanah Lot di laksanakan dalam periode 210 hari menggunakan kalender Bali, atau sekitar 6 bulan kalender masehi.
Penetapan hari upacara di pura Tanah Lot pada kalender Bali di lakukan pada Buda Wage Langkir yang jatuh setiap empat hari setelah hari Raya Kuningan. Upacara di pura Tanah Lot diadakan selama 3 hari agar dapat mengakomodasi umat Hindu yang ingin bersembahyang di pura Tanah Lot.
Setiap umat Hindu yang ingin sembahyang di pura Tanah Lot, di wajibkan terlebih dahulu untuk sembahyang di lokasi mata air suci yang berada di bawah lokasi pura Tanah Lot. Lokasi mata air suci ini disebut oleh masyarakat lokal dengan nama Beji Kaler.
Tujuan bersembahyang di lokasi mata air suci Beji Kaler, agar umat Hindu sebelum memasuki area pura utama, mendapatkan air suci yang akan digunakan untuk membersihkan jiwa dan raga mereka.

Jam Buka & Waktu Terbaik Berkunjung Ke Tanah Lot Bali

Objek wisata pura Tanah Lot Bali buka setiap hari dari pukul 07:00 – 19:00. Mengenai waktu terbaik berkunjung ke pura Tanah Lot, setiap wisatawan akan memiliki kriteria berbeda akan tujuan liburan. Ada yang menyukai liburan ke Tanah Lot saat kawasan belum ramai dengan kunjungan wisatawan. Ada juga wisatawan yang memprioritaskan untuk dapat melihat pemandangan sunset.
Kriteria yang mana yang anda lebih suka? Maka jawaban mengenai waktu terbaik liburan ke Tanah Lot juga akan berbeda.
Jika anda tidak suka keramaian, maka waktu terbaik liburan ke Tanah Lot adalah di pagi hari sebelum pukul 10:00. Karena setelah pukul 10:00, objek wisata Tanah Lot akan mulai ramai dengan kunjungan wisatawan.
Jika anda tidak ingin liburan saat Tanah Lot ramai dengan kunjungan wisatawan, dan tetap ingin melihat pemandangan Tanah Lot. Maka waktu terbaik liburan ke Tanah Lot saat musim sepi kunjungan wisatawan di pulau Bali. Musim sepi kunjungan wisatawan di Bali terjadi pada bulan pertengahan bulan Januari sampai bulan April. Juga terjadi pada bulan September sampai akhir November.

Ingin Melihat Keindahan Sunset Tanah Lot Bali
Apabila anda ingin melihat keindahan pemandangan sunset pura Tanah Lot, yang bagi saya sangat indah. Maka waktu terbaik berkunjung sekitar pukul 17:00 – 17:30. Karena rentang rentang waktu matahari terbenam di Bali terjadi antara pukul 17:40 – 18:25.
Namun dengan mengunjungi pura Tanah Lot pada waktu menjelang sunset, maka anda harus siap dengan ramainya kunjungan wisatawan menjelang sunset di Tanah Lot.
Apabila anda sebelum sunset di Tanah Lot ingin jalan-jalan sekitar kawasan wisata Tanah Lot Bali, maka ada baiknya anda tiba lebih awal sekitar pukul 16:30.

Ingin Melihat Lebih Dekat Karang Besar Di Bawah Pura
Apabila anda ingin mendekati kawasan batu karang di bawah pura Tanah Lot, lokasi dari ular suci. Maka waktu terbaik berkunjung ke Tanah Lot adalah saat air laut surut. Pengunjung hanya dapat berjalan dan mendekati area batu karang jika air laut surut.
Saran saya, jangan pernah mencoba mendekati area batu karang, jika terjadi pasang air laut. Karena anda tidak akan pernah tahu kapan ombak besar akan datang.
Lokasi Objek Wisata Tanah Lot Bali
Lokasi objek wisata Tanah Lot, berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Biasanya wisatawan yang ingin liburan ke pura Tanah Lot di pagi hari pada hari yang sama, akan mengunjungi tempat wisata Bedugul Bali, kemudian sawah terasering Jatiluwih dan dilanjutkan ke pura Tanah Lot.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar